Pages

Kamis, 25 Juni 2015

Beberapa Hal yang dapat dilakukan setelah ujian SBMPTN


Berbicara tentang ujian SBMPTN, berdasarkan pengalamanku tahun 2014 lalu, ujian SBMPTN itu gak mudah. Honestly buat aku yang otaknya bisa dibilang sedang-sedang saja. Dan, sebenarnya dari awal, aku juga sudah salah strategi. Dari kelas 3 SMA semester I yang ada di otak aku hanya fokus gimana caranya aku lulus UN dengan nilai yang tinggi. Karena, nilai UN salah satu faktor yang menjadi pengaruh dalam seleksi undangan SNMPTN. Because I want to get SNMPTN so bad! Tapi sayangnya semua gak sesuai dengan apa yang aku inginkan, jadi setelah pengumuman SNMPTN yang begitu mengecewakan buat aku, aku jadi ikut kelas intensif untuk SBMPTN di sebuah bimbingan belajar. Dan menurut aku, soal soal SBMPTN itu jauh lebih kompleks dibanding soal UN. So, buat adik-adik yang baca postingan ini dan akan melanjutkan ke Universitas tinggi tahun 2016 mendatang, please take the right strategy!


Okay, gak berarti dengan berakhirnya ujian SBMPTN dan selagi nunggu pengumuman kamu cuma pasrah dan nganggur-nganggur di rumah. Banyak hal bermanfaat yang bisa kita lakukan.


Mencari pilihan universitas lain
Nah this is the number one that you have to do above the other things! Cari pilihan universitas lain! Bukan berarti kita pesimis atau berpikiran negative kita gak bakal lulus ujian SBMPTN, tapi gak ada salahnya buat punya backup plan. Salah satu guru SMA-ku bilang, kita harus punya plan A, plan B, plan C atau apapun itu karena kita gak bisa bergantung dan berharap hanya pada satu universitas.

It’s okay kalau kita hanya punya satu pilihan jurusan, karena kita bisa ambil jurusan yang sama di universitas lain. Tapi kalau hanya punya satu pilihan universitas lebih-lebih hanya karena alasan gengsi kayak contohnya bersikeras dengan universitas negri dan gak membuka pilihan untuk universitas swasta, you got it wrong guys!

Jadi, enggak ada salahnya mulai cari tahu universitas lain yang terkenal unggul dengan jurusan kuliah yang kita minati. Remember, jangan lihat dari kampusnya dulu tapi lihat dari akreditasi jurusan atau fakultas yang kita minati. Jangan sampai kita terlena dengan kepasrahan kita bergantung pada satu universitas dan pada akhirnya disaat hari pengumuman ternyata kita gak lulus, kita baru heboh tunggang langgang sibuk cari universitas lain. Syukur kalau masih ada universitas lain yang masih buka pendaftaran, kalau udah tutup pendaftarannya terus gimana dong? Hehehe


Survei tentang kehidupan kampus
Next, enggak ada salahnya juga kalau kita lebih semangat dengan cari-cari tahu tentang kehidupan kampus yang kita minati. Kira-kira di kampus tersebut ada fasilitas apa saja, kegiatan kemahasiswaan di kampus, anak-anak kampusnya biasa nongkrong di mana aja atau mungkin kalau memang kita terpaksa nge-kost karena jarak kampus yang jauh dari tempat tinggal kita, mungkin bisa disiapkan dari sekarang juga.   

Tetap belajar dan semangat
Buat orang-orang yang seperti aku merasa ujian SBMPTN susah banget untuk dikerjakan, terus kita merasa kalau bakalan gagal sama SBMPTN… Usir jauh-jauh dulu deh pikiran kayak begituan. Kalau kita memang pengen banget masuk universitas negeri, kita bisa mengikuti jalur seleksi mandiri yang biasa dilakukan universitas-universitas negeri, contohnya SIMAK UI, UMUGM atau Ujian Mandiri beberapa Universitas Negri. Makanya, daripada stres atau pasrah mikirin hasil ujian SBMPTN, mending kita tetap semangat dan fokus latihan soal lagi dan lagi.

Latihan dari ujian SBMPTN
Nah ingat-ingat lagi ketika kita SBMPTN, bentuk soal seperti apa yang jadi kelemahan kita? Soal bentuk apa yang bikin kita menghabiskan waktu lama buat mencari jawabannya? Dari situ, kita bisa lebih memperdalam kemampuan kita dalam mengerjakan soal-soal tersebut dengan sering sering latihan. Semakin sering latihan pastinya kan kita akan lebih jago mengerjakan soal tersebut dan gak akan buang buang waktu.

Refreshing!
Lastly! Jangan lupa buat refreshing untuk menyegarkan pikiran kita. Atur sebaik mungkin jadwal belajar dan jadwal refreshing. Bisa cuma sekedar di rumah menikmati waktu santai dengan melakukan hobi kita atau mungkin hangout bareng keluarga dan teman-teman. Karena kalau otak kita terus-terusan diforsir buat belajar, yang ada kita bisa stress terus sakit deh. Waktu ujian kita malah gak fokus dan gak maksimal mengerjakannya.


So, mungkin itu beberapa hal yang bisa aku share buat kalian yang lagi nganggur nunggu pengumuman hasil SBMPTN. Oiya selain hal-hal di atas, jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan kemudahan dan Ridha-Nya. Semoga bermanfaat! Cheers:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Template by BloggerCandy.com