Pages

Senin, 13 Juli 2015

Trend lari di Kalangan Anak Muda


Sekitar 2 tahun terakhir ini kayaknya olahraga lari lagi digandrungi anak-anak muda jaman sekarang. Di beberapa kota sih awalnya karena ada acara car free day yang biasanya diadakan seminggu sekali.  Dari yang benar-benar hobby dengan olahraga ini atau hanya sekedar ikut trend, tapi bagaimanapun mereka tetap disebut Runners. Tidak sedikit dari mereka yang awalnya hanya ikut-ikutan trend keren-kerenan sepatu running atau karena aplikasi Nike+ Running yang kayaknya lagi hits banget karena bisa diupdate di media sosial, selain mau tau progress lari udah sejauh mana gak bisa dipungkiri beberapa orang update di media sosial juga untuk show off sejauh mana mereka sudah lari. Tapi gara-gara itu semua kemudian mereka mereka ini pada ketagihan dengan olahraga simple dan mudah satu ini.




Di Indonesia sendiri ada Indorunners yaitu komunitas untuk menampung bagi mereka yang menyukai olahraga lari mulai yang professional maupun amatir. Saat ini hampir di setiap kota di indonesia memiliki komunitas lari, anggotanya pun dari berbagai kalangan mulai dari mahasiswa hingga pekerja. Biasanya komunitas ini rutin melakukan lari bersama di jalan seminggu sekali ataupun ada yang seminggu 2-3 kali, selain berlari biasanya di komunitas ini juga melakukan coaching clinic tentang teknik berlari yang benar dan tidak jarang anggota mereka yang ikut event marathon di Indonesia.



Selain komunitas Indorunners, akhir-akhir ini banyak juga event-event lari massal yang dibikin sedemikian mungkin biar gak boring dan jadi hip di kalangan anak muda, kayak di kota-ku beberapa waktu lalu ada Color Run, Glow Run, Zombie Run dan masih banyak lagi. Ya walaupun harus merogoh kocek untuk bisa ikut serta di acara acara ini tapi banyak banget yang tetap antusias, karena selain berolahraga mereka juga mendapat prestise yang bisa kita sebut sebagai trend.

Well, olahraga lari itu banyak banget manfaatnya, beberapa diantaranya:

Menurunkan Berat Badan
Buat yang kepengin menurunkan berat badan, lari adalah salah satu solusinya. Berlari dapat membakar kalori dalam jumlah banyak dan membantu mempercepat metobolisme tubuh. Walaupun sudah mengatur pola makan diet, coba untuk berlari juga supaya tubuh menjadi fit.
 
Meningkatkan Stamina
Walaupun lari bikin badan terasa capek, tapi berlari justru meningkatkan stamina, lho! Berlari dapat meningkatkan kekuatan paru-paru. Paru-paru akan mengembang dan bekerja lebih keras, sehingga paru-paru kita kuat dan bisa bernapas lebih baik.
 
Membuat Tidur Lebih Nyenyak 
Penelitian menemukan bahwa pengidap insomnia yang rajin berolahraga lari, bisa tertidur pada menit ketujuhbelas. Sedangkan yang tidak berlari, sekurang-kurangnya baru bisa tidur pada menit ke 38. Mereka yang berlari juga dapat tidur sejam lebih lama dari yang tidak berlari.
 
Menjaga Ketajaman Daya Ingat 
Sebuah sekolah kedokteran di Amerika melaporkan bahwa cewek remaja yang rajin berlari dapat mengurangi risiko demensia di masa tuanya. Demensia adalah penyakit lupa ingatan yang banyak menyerang orang tua. Jadi, daya ingatnya menjadi lebih tajam sehingga bisa belajar dengan lebih baik.

Jadi kira-kira abis baca post ini, masih mau kasih alasan buat gak olahraga?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Template by BloggerCandy.com