Pages

Selasa, 28 Juli 2015

Bahaya Kurang Tidur

Begadang buat ngerjain tugas karena dikejar deadline seakan udah biasa banget jadi kebiasaan sehari-hari. Efeknya sih sama aku kadang ngantuk di kelas atau bangun tidur rasanya gak segar karena kurang jam waktu beristirahat.


Selain ngantuk ternyata banyak efek-efek lain yang menjurus ke bahaya yang sering banget jadi bahan ceramah mamaku kalau aku belum tidur juga sampe lewat tengah malam demi deadline tugas….


Nah ternyata setelah browsing-browsing internet semua yang dikatakan mamaku benar….

Konsentrasi Berkurang
Tidur memberikan otak waktu untuk beristirahat sehingga keesokan paginya bisa kembali fokus berkegiatan. Ketika kurang tidur, kita kehilangan kemampuan untuk berpikir dan belajar dengan baik. Soalnya, otak nggak dapat bekerja maksimal. Sehingga kita nggak bisa mengingat pelajaran dengan baik akibat kurang konsentrasi.

Gampang Marah
Nggak hanya bikin konsentrasi berkurang, kurang tidur juga bisa mempengaruhi sisi psikologis kita. Kontrol otak yang melemah dan badan yang letih bikin emosi ikut nggak stabil. Makanya, orang yang kurang tidur biasanya menjadi lebih mudah marah, tersinggung terus bawaannya bad-mood aja.
 
Terlihat Tua
Saat tidur, sel-sel tubuh yang rusak akan memperbaiki diri dengan maksimal. Saat tubuh kita kekurangan waktu untuk mereproduksi sel-sel baru, kita akan terlihat capek dan kusam. Makanya, ini nggak cuma bikin lingkar hitam mata, tapi juga bikin kita terlihat lebih tua dari umur asli.

Gampang Sakit
Nggak cuma mempengaruhi sel tubuh, sistem imun kita juga akan melemah ketika kurang tidur. Tubuh yang lelah akan lebih mudah terkena penyakit seperti flu atau demam. Soalnya, tubuh seseorang yang kurang tidur akan lebih sensitif terhadap bakteri dan virus yang ada di sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Template by BloggerCandy.com