Pages

Senin, 13 Juli 2015

Berat Badan Naik Selama Puasa?



Siapa sih (terutama cewe) yang gak punya niat terselubung manfaatin puasaagar badan jadi ramping dan sehat? Hampir semua deh kayaknya haha
Tapi banyak juga kasus udah puasa timbangan gak turun turun eh malah naik!
Eh ternyata nih, walaupun kita tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam, berat badan memang tetap bisa bertambah, lho.
Nah jadi harus ngapain dong?
Dari hasil ngulik ngulik pengalaman beberapa teman-teman ini nih ada beberapa tips nya:
 
Jangan Langsung Minum Es
Yah udah pada tau lah ya kalau puasa itu bawaannya pengen cepat aja buka puasa terus kan haus banget tuh rasanya pasti pingin cepat-cepat buka pakai minuman yang menyegarkan untuk melepaskan dahaga *ceilah* Segala macam minuman yang ada es nya atau dingin deh pokoknya!

Eits tapi, tunggu dulu! Minum air es bisa membuat perut kita cepat kenyang, sehingga bisa kehilangan selera makan makanan yang bergizi. Apalagi, kita berbuka dengan makanan berlemak seperti gorengan. Padahal, kita butuh banget makanan yang bergizi sehabis berpuasa.
 
Berbuka dengan yang Manis
Makanan dan minuman manis bisa memberi asupan energi yang cepat, karena selama berpuasa kita kekurangan banyak energi. Jadi, ini bisa menaikkan kadar glukosa tubuh sehingga lebih bertenaga dan nggak kalap saat berbuka. Tapi, jangan sampai berlebihan juga ya. Karena sesungguhnya yang berlebih-lebihan tidak baik di mata Tuhan *ceilah* Jenis gula yang perlu kita konsumsi adalah gula alami yang berasal dari buah-buahan.
 
Hindari Langsung Makan Berat
Walaupun ketika puasa kita sudah membayangkan segala macam makanan yang lezat untuk berbuka, kayak aku yang bawaannya pingin langsung makan berat aja, tapi ternyata keinginan dan nafsu kayak gitu perlu ditahan deh. Nah kan udah hampir 14 jam tuh kita puasa, keadaan lambung pun kosong, maka lambung kita perlu beradaptasi dulu. Setelah membatalkan puasadengan takjil, berilah jeda sekitar 30 menit sebelum mulai makan makanan berat. Jangan langsung diisi penuh dengan makanan berat ya kasian tuh lambungnya bisa kaget karena tiba tiba harus bekerja ekstra :p
 
Mengunyah Pelan-pelan
Otak kita membutuhkan kurang lebih 20 menit untuk mengirim sinyal kenyang. Makan dengan kecepatan yang cepat bisa mengganggu kestabilan kadar gula dalam darah, lho! Sehingga kita bisa merasa cepat lapar dan semangat mengunyah makanan. Makanya, bulan puasa bisa bikin kita gemuk. Oleh karena itu, kunyahlah makanan pelan-pelan seperti kebiasaan makan pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Template by BloggerCandy.com